Posted by: asiaaudiovisualexc09lucylaveni | February 9, 2010

Pemanfaatan Media Dalam Kegiatan Belajar

Berbagai upaya dilakukan untuk dapat menemukan pola belajar yang efektif bagi anak. Seiring dengan perkembangan teknologi  sistem belajar yang diterapkan bagi anak pun mengalami banyak perubahan terlebih bagi anak yang tinggal diperkotaan. Pola belajar konservatif dengan menggunakan buku, alat tulis dan papan tulis kini bergeser dan menjadi lebih canggih. Kini banyak sekolah dan istitusi belajar lainnya lebih memanfaatkan teknologi media yang dianggap dapat memudahkan proses belajar dan mengajar. Penggunaan media juga dilakukan sebagai upaya untuk menepis kejenuhan atas penggunaan buku sebagai sumber referensi belajar dan aktifitas guru menerangkan materi didepan kelas. Kenyataannya penggunaan media dapat menciptakan suasana belajar yang lebih kreatif dan menarik. Anak pun dapat menikmati setiap pelajaran dengan lebih menyenangkan (fun learning). Berikut beberapa Klasifikasi media dilihat  dari jenisnya:

  1. Media Auditif

Adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja. Alat yang digunakan antara lain : radio, cassette recorder, piringan hitam. Biasanya media ini digunakan untuk pelajaran yang melatih kepekaan indera pendengaran juga pemahaman, seperti pelajaran bahasa (mendengarkan/ listening).

  1. Media Visual

Adalah media yang mengandalkan indra penglihatan. Media ini terbagi dalam dua bentuk, yaitu:

  • Media yang Menampilkan gambar diam antara lain: film, rangkai foto, gambar atau lukisan, cetakan. Biasanya digunakan sebagai alat peraga.
  • Media yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, film kartun. Media ini digunakan lebih untuk variasi mengajar sehingga guru hanya mendampingi dan memberi penjelasan diakhir pemutaran film.
  1. Media Audiovisual

Adalah media yang mempunyai unsur rupa dan gambar. Media ini dibagi ke dalam :

1. Audiovisual diam

2. Audiovisual gerak

Agar pemanfaatan media dapat lebih maksimal lagi, tentunya kita harus mengetahui langkah-langkah dalam pemanfaatan media, antara lain:

1. Merumuskan tujuan pengajaran dengan memanfaatkan media.

2. Persiapan guru. Pada fase ini guru memilih dan memanfaatkan media massa yang akan dimanfaatkan guna mencapai tujuan.

3. Persiapan kelas. Siswa atau kelas harus mempunyai persiapan dalam menerima pelajaran dengan menggunakan media tertentu.

4. Langkah penyajian dan pemanfaatan media. Pada fase ini penyajian bahan pelajaran dengan memanfaatkan media pengajaran.

5. Langkah kegiatan belajar siswa. Pada fase ini siswa belajar dengan memanfaatkan media pengajaran.

6. Langkah evaluasi pengajaran. Pada langkah ini kegiatan belajar di evaluasi sampai sejauh mana tujuan pengajaran tercapai, yang sekaligus dapat dinilai sejauh mana pengaruh media sebagai alat bantu dapat menunjang keberhasilan proses belajar siswa.

Selamat belajar!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: