Posted by: asiaaudiovisualexc09lucylaveni | February 9, 2010

Menemukan Gaya Belajar Anak Melalui Modalitas

Gaya belajar adalah kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap, mengatur, dan mengolah informasi. Meskipun banyak peneliti menggunakan istilah yang berbeda dan menemukan berbagai cara untuk mengatasi gaya belajar ini, telah disepakati secara umum 2 (dua) kategori utama tentang bagaimana seseorang belajar. Pertama adalah bagaimana seseorang menyerap informasi dengan mudah (modalitas), dan kedua cara kita mengatur dan  mengolah informasi tersebut (dominasi otak).

Modalitas seseorang dapat dikenali sebagai modalitas visual, auditorial atau kinestetik (V-A-K). anak visual belajar melalui apa yang mereka lihat, auditorial belajar melalui apa yang mereka dengar, dan anak kinestetik belajar melalui gerak dan sentuhan. Walaupun pada umumnya seseorang belajar dengan menggunakan ketiga modalitas ini, pada tahapan tertentu, kebanyakan orang lebih cenderung pada salah satu diantaranya. Dengan mengetahui gaya belajar anak ini, diharapakan akan lebih membantu orang tua maupun guru untuk dapat mengajar dan menyampaikan informasi kepada anak sesuai dengan gaya belajar anak.

Ciri-ciri perilaku anak yang menunjukkan kecenderungan belajar anak dapat dilihat seperti dibawah ini:

Visual:

N    Rapi dan teratur

N    Berbicara dengan cepat

N    Perencana dan pengatur jangka panjang yang baik

N    Teliti terhadap detail

N    Mementingkan penampilan, baik dalam hal pakaian maupun presentasi

N    Pengerja yang baik dan dapat melihat kata-kata yang sebenarnya dalam pikiran mereka

N    Mengingat apa yang dilihat daripada yang didengar

N    Mengingat dengan asosiasi visual

N    Biasanya tidak terganggu oleh keributan

N    Mempunyai masalah untuk Mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulanginya

N    Pembaca cepat dan tekun

N    Lebih suka membaca daripada dibacakan

N    Membutuhkan pandangan dan tujuan yang menyeluruh dan bersikap waspada sebelum secara mental merasa pasti tentang suatu masalah atau proyek

N    Mencoret-coret tanpa arti selama berbicara ditelepon dan dalam rapat

N    Lupa menyampaikan pesan verbal kepada orang lain

N    Sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat ya atau tidak

N    Lebih suka melakukan demonstrasi daripada berpidato

N    Lebih suka seni daripada musik

N    Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tetapi tidak pandai memilih kata-kata

N    Kadang-kadang kehilangan konsentrasi ketika mereka ingin memperhatikan

Auditorial:

O Berbicara kepada diri sendiri saat bekerja

O Mudah terganggu oleh keributan

O Menggerakan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca

O Senang membaca dengan keras dan mendengarkan

O Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, birama, dan warna suara

O Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita

O Berbicara dalam irama yang berpola

O Biasanya pembicara yang fasih

O Lebih suka musik daripada seni

O Belajar dengan mendengarkan dan Mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat

O Suka berbicara, suka berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar

O Mempunyai masalah dengan pekerjaan2 yang melibatkan visualisasi, seperti memotong bagian2 hingga sesuai satu sama lain

O Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya

O Lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik

Kinestetik:

‚ Berbicara dengan perlahan

‚ Menanggapi perhatian fisik

‚ Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka

‚ Berdiri dekat ketika berbicara dengan orang

‚ Selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak

‚ Mempunyai perkembangan awal otot2 yang besar

‚ Belajar melalui memanipulasi dan praktek

‚ Menghafal dengan cara berjalan dan melihat

‚ Menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca

‚ Banyak menggunakan isyarat tubuh. Dapat berkomunikasi dengan baik melalui bahasa tubuh

‚ Tidak dapat duduk diam untuk waktu lama dan cepat bosan bila tidak terlibat dalam Aktivitas yang sedang terjadi diseklilingnya

‚ Tidak dapat Mengingat geografi, kecuali jika mereka memang telah pernah berada ditempat itu

‚ Menggunakan kata2 yang mengandung aksi/ tindakan

‚ Menyukai buku2 yang berorientaasi pada plot, mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca

‚ Kemungkinan tulisannya jelek

‚ Ingin melakukan segala sesuatu

‚ Secara umum suka bermacam olah raga. Menyukai permainan yang menyibukkan

Bagaimana meningkatkan optimalisasi hasil belajar anak berdasarkan modalitasnya, berikut langkah-langkap yang dapat dilakukan:

Visual:

N    Dorong anak visual untuk membuat banyak symbol, gambar, peta, dan warna dalam catatan mereka. Berikan waktu untuk melakukannya

N    Dalam Matematika dan ilmu pengetahuan, table dan grafik akan memperdalam pemahaman mereka

N    Berdiri tenang saat menyajikan segmen informasi dan bergeraklah diantara segmen

N    Beri kode warna untuk bahan pelajaran dan perlengkapan, dorong anak menyusun pelajaran mereka dengan aneka warna

N    Peta pikiran dapat menjadi alat yang bagus bagi para anak visual dalam mata pelajaran apapun

N    Karena anak visual belajar terbaik saat mereka mulai dengan “gambaran keseluruhan”, melakukan tinjauan umum mengenai bahan pelajaran akan sangat membantu. Hal ini dapat dilakukan dengan membagikan salinan frase2 kunci atau garis besar pelajaranm sisakan ruang kosong untuk Catatan.

N    Gunakan kertas tulis dengan tulisan berwarna daripada polos. Lalu gantungkan grafik berisi informasi penting di sekeliling ruangan pada saat guru menyajikannya dan rujuk kembali grafik itu.

N    Gunakan bahasa ikon (symbol) dalam presentasi guru, dengan menciptakan symbol visual atau ikon yang mewakili konsep kunci

Auditorial:

O Gunakan variasi vokal (perubahan nada, kecepatan, dan volume) dalam memberi penjelasan

O Ajarkan sesuai dengan cara guru menguji, jika guru menyajikan informasi dalam urutan atau format tertentu, ujilah informasi itu dengan cara yang sama

O Gunakan pengulangan. Minta anak menyebutkan kembali konsep kunci dan setelah setiap segmen pengajaran, minta siswa memberitahukan teman disebelahnya satu hal yang dipelajari

O Nyanyikanlah konsep kunci atau minta anak mengarang lagu/ nada mengenai konsep itu.

O Para anak auditorial mungkin lebih suka pada kasset daripada Mencatat, karena mereka suka mendengarkan informasi berulang-ulang

O Mereka mungkin mengulang sendiri dengan keras apa yang dikatakan oleh guru, mereka tentu saja menyimak, hanya saja mereka suka mendengarkannya lagi. Jika mereka kesulitan dengan suatu konsep, maka sangat perlu untuk membantu mereka berbicara dengan diri mereka sendiri untuk memahaminya

O Kembangkan dan dorong siswa untuk memikirkan jembatan kedelai untuk menghafal konsep kunci

O Ada anak auditorial yang suka mendengarkan musik sambil belajar, ada yang menganggapnya sebagai gangguan

O Anak auditorial harus diperbolehkan berbicara dengan suara perlahan pada diri mereka sendiri sambil bekerja

O Gunakan musik sebagai aba2 untuk kegiatan rutin

Kinestetik:

‚ Gunakan alat Bantu saat mengajar untuk menimbulkan rasa ingin tahu dan menekankan konsep2 kunci

‚ Ciptakan simulasi konsep agar bisa mengalaminya

‚ Berikan bimbingan dengan duduk disebelah mereka, bukan didepan atau dibelakang mereka

‚ Cobalah berbicara secara pribadi setiap hari sekalipun hanya salam

‚ Peragakan konsep sambil memberikan kesempatan kapada anak untuk mempelajarinya langkah demi langkah. Tunjukkin caranya kepada mereka melalui demonstrasi. Anak-anak ini menyukai proyek terapan

‚ Para anak kinestetik suka belajar suka belajar melalui gerakan, dan paling baik menghafal informasi dengan mengasosiasikan gerakan dengan setiap fakta

‚ Ceritakan pengalaman pribadi orang tua mengenai wawasan belajar pada anak dan dorong mereka untuk melakukan hal yang sama. Lakon pendek dan lucu terbukti dapat membantu.

‚ Banyak anak kinestetik menjauhkan diri dari bangku, mereka lebih suka duduk dilantai dan menyebarkan pekerjaan disekeliling mereka. Izinkan pula mereka berjalan-jalan

Referensi:

  1. Seminar Program: Pemetaan Gaya Belajar Anak dan Mengetahui Langkah-langkah Tepat Menyikapinya, R.A. Maria Luisa Retna, S.PSi
  2. Majalah Toddler Vol. 6/ 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: