Posted by: asiaaudiovisualexc09lucylaveni | February 9, 2010

Komputer di Dunia Balita

Komputer sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia masa kini. Bagi si balita, beraktivitas dengan komputer tergolong bermain pasif yang bisa membawa kesenangan dan kepuasan sekaligus memberi nilai tambah pada apa yang diperoleh dari bermain aktif. Untuk mampu menikmati bermain pasif anak memang harus belajar memusatkan perhatian, mengingat dan menalar yang akan memacu perkembangan kecerdasan.

Tidak ada istilah dini memperkenalkan komputer pada anak. Pada masa sekarang, sudah banyak sekali perusahaan yang mengembangkan software bermutu dan mendidik untuk usia dini sekalipun. Menurut Robert Carlzon, komputer sudah mulai dapat diperkenalkan saat anak berusia 18 bulan. Tentu saja dengan kemampuan motorik halus yang masih amat terbatas, pada usia ini aktivitas terbatas pada si anak menjadi pengamat. Usia 2 sampai 4 tahun merupakan waktu terbaik dan paling efektif untuk mengajak anak menyelami dunia komputer karena mereka sudah handal, independen dan senang melakukan eksperimen.

Bagi si Pra Sekolah

Pilihlah program yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Program edukatif untuk anak usia 2 – 4 tahun bukan hanya memungkinkan anak belajar mendengarkan dan mengikuti instruksi, serta memahami adanya aturan main tetapi juga bernuansa pendidikan seperti pengenalan warna, music, hewan, angka, huruf dan bentuk-bentuk geometris. Ataupun memperkenalkan konsep mengenai urutan, ukuran, membilang dan mengenal anggota tubuh.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: