Posted by: asiaaudiovisualexc09lucylaveni | February 9, 2010

Cegah Agresivitas dan Antisosial Anak Pra Sekolah

Tidak mudah membentuk perilaku bermoral dan Mengurangi agresif anak usia pra sekolah, yang memang masih terlalu muda untuk diberi pengertian tentang moral dan aturan norma. Namun ada langkah-langkah jitu mencegah anak tumbuh menjadi agresif dan antisosial, yang dapat diterapkan oleh para orang tua maupun guru agar anak atau murid tersayang kelak tidak berkembang menjadi pribadi yang agresif dan antisosial:

–    Beri kesempatan anak mengamati bagaimana bertingkah laku prososial, seperti:

a) membantu orang lain dan mengembangkan sikap kooperatif dalam mengatasi konflik. Dalam hal ini, penting bagi guru maupun orang tua untuk dapat menjadi model. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam bentuk bermain peran misalnya.

b)Mendorong anak terlibat dalam aktivitas yang memerlukan kerjasama, misalnya: Menggambar atau mewarnai bersama teman-temannya di satu kertas gambar yang sama, membereskan mainan bersama, menyusun balok secara berkelompok.

–    Jangan mengabaikan perilaku agresif sekecil apapun. Orang tua atau guru harus sigap menanggapi dan sampaikan pesan yang jelas bahwa agresivitas merupakan cara yang tidak tepat untuk menyelesaikan konflik.

–    Mengawasi tayangan televise yang diperuntukkan bagi anak-anak, terutama yang mengandung adegan-adegan kekerasan. Film kartun tidak selamanya cocok bagi anak-anak. Ada baiknya, orang tua meluangkan waktu untuk menyaksikan dan menilai tayangan yang disukai anak, sehingga bisa diketahui apakah tayangan tersebut pantas atau tidak disaksikan oleh anak-anak. Beberapa hasil penelitian telah membuktikan bahwa menyaksikan adegan kekerasan di televise berpeluang untuk secara langsung meningkatkan perilaku agresif pada anak. Pada waktu yang sama, doronglah anak untuk menyaksikan tayangan acara yang dirancang khusus untuk meningkatkan perilaku bermoral. Diantaranya Sesame Street (Jalan Sesame).

–    Jika anak suka kegiatan mendongeng, pilihlah cerita-cerita klasik yang sarat dengan pesan moral seperti dongeng karya Hans Christian Andersen. Bacakan secara teratur sehingga pesan moral dapat diserap dan melekat.

–    Membantu anak pra usia sekolah menemukan penjelasan  alternatif bagi perilaku yang ditampilkan oleh orang lain. Hal ini terutama penting bagi anak-anak yang memiliki kecenderungan untuk berperilaku agresif atau memiliki anggapan berlebihan tentang perilaku yang ditampilkan oleh temannya. Misalnya: menganggap temannya tidak mau berteman dengannya lagi karena ia pernah merebut mainan milik temannya. Dalam hal ini, orang tua maupun guru berkewajiban untuk menjelaskan pada anak bahwa sebuah perilaku bisa memiliki beberapa makna atau interpretasi yang berbeda-beda.

–    Membantu anak memahami perasaannya. Pada saat anak menjadi marah, hal yang sering terjadi pada usia pra sekolah, mereka sesunggunhya butuh untuk belajar bagaimana mengatasi perasaan konstruktif. Katakan secara spesifik hal-hal yang dapat membantu mereka untuk memperbaiki situasi. Misalnya: “mama lihat kamu marah sekali ya sama si Dodi karena dia tidak memperbolehkan kamu ikut main mobil-mobilan. Kamu tidak perlu mukul, coba bilang sama dia kalau kamu ingin ikut main”.

–    Secara eksplisit ajarkan anak melakukan penalaran terhadap situasi yang dihadapi dan belajar mengendalikan diri. Anak usia pra sekolah dapat memahami aturan moral yang sederhana dan selayaknya diingatkan mengapa perilaku tertentu lebih disetujui secara sosial, dibandingkan perilaku lainnya. Sebagai contoh, lebih baik mengatakan pada anak: “Kalau kamu habiskan  semua kue itu, nanti orang lain tidak kebagian”.

Dengan menerapkan hal-hal ini dalam keseharian, secara perlahan anak belajar untuk bertingkah laku yang lebih sesuai dengan yang diharapkan.

Referensi:

1. Majalah Toddler Vol. 9/ 2007


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: