Posted by: asiaaudiovisualexc09lucylaveni | February 9, 2010

Bermain Membuat Anak Lebih Baik Dalam Belajar

Seringkali anak mengajak orang tuanya untuk ikut bermain, namun karena kesibukan banyak orang tua tidak mempunyai waktu untuk itu. Kepadatan kerja membuat para orang tua di kota besar mempunyai waktu yang sangat sedikit untuk meluangkan waktu bermain bersama anaknya. Banyak orang tua di kota besar berangkat ke tempat kerja pada pagi hari sebelum anaknya berangkat sekolah dan pulang larut malam pada saat anak telah tidur. Padahal bermain merupakan hal penting bagi anak. Anak dapat menemukan atau mengetahui dunia dengan bermain. Anak bermain untuk kesenangan dalam hidupnya. Banyak orang percaya bahwa dengan bermain akan memperpanjang usia. “Pertama bekerja setelah itu baru bermain” atau “Hidup bukanlah permainan anak-anak, tetapi kerja keras”, begitulah kalimat pada orang dewasa. Apakah sebenarnya manfaat bermain?

  1. Bermain mencerminkan beragamnya tingkah laku manusia.

Mereka yang memperhatikan permainan akan menemukan jawaban. Mereka yang bermain dapat belajar mengatasi masalah, berpikir, mendapat banyak pengalaman. Permainan membutuhkan atau dapat memunculkan semua tingkah laku/ sifat manusia: kemarahan dan kegembiraan, persaingan dan kerjasama, kebersamaan dan kemandirian. Sebuah permainan dapat membuat kita untuk berpikir dan menunjukkan kemampuan dibawah tekanan. Misalnya, keberanian, lelucon, kecerdikan, dan keinginan untuk tidak mudah menyerah.

Sebuah permainan diciptakan dengan mengambil kebiasaan hidup sehari-hari. Dalam dunia tertutup kita berada di tempat itu dan melakukan suatu peran. Permainan mirip dengan potongan drama yang kita perankan. Dunia permainan ada hanya untuk waktu tertentu dan terbatas, kemudian dunia itu menghilang. Bila kita menyukainya kita dapat melakukannya kembali di dunia itu.

  1. Permainan berguna untuk setiap tahap perkembangan kepribadian anak

Perkembangan kepribadian dan permainan mempunyai Hubungan yang sangat erat. Setiap tahap perkembangan membutuhkan rangsangan permainan. Anak seperti orang dewasa belajar dengan kesenangan, eksperimen, dan pengulangan. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan seperti: kemampuan berpikir dan kemampuan mengambil keputusan. Kerangka aturan membentuk aturan permainan.

Permainan yang terkait dengan keberuntungan seperti kartu, dan dadu (ular tangga) serta permainan yang membutuhkan kemampuan kognitif dan pengetahuan seperti kuis, dapat merangsang perkembangan otak.

  1. Dalam permainan anak dapat menunjukkan kemampuannya.

Dalam permainan anak dapat belajar banyak hal, misalnya berkomunikasi antar mereka, bekerjasama, selih berganti bermain. Mereka belajar hal yang ada dibalik permainan dan berkompetisi atau bersaing dengan jujur. Anak juga mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya, misalnya membedakan warna, menyusun, menghitung, mengatur, dan Mengingat sesuatu.

Anak mengalami perkembangan pemahaman aturan (permainan) pada usia 5 dan 6 tahun. Mereka dapat mempunyai tekad melakukan pembagian tugaas dalam rangkaian permainan.

Permainan dengan peraturan yang kompleks sangat berguna bagi anak. Dengan demikian, anak dapat mengambil sikap seperti membuat rencana dan mengambil keputusan dalam permainan. Anak akan membuat strategi ketika ikut dalam permainan tersebut. Kemampuan tersebut mulai berkembang pada usia sekolah dasar dan terus meningkat hingga usia dewasa.

Dengan bermain anak juga dapat belajar dan meningkatkan kemampuan sosialisasi serta merangsang kemampuan intelektualnya. Mereka yang dapat bermain dapat belajar untuk hidup lebih baik dalam jangka waktu yang panjang. Dengan demikian, para orang tua harus pandai mengatur waktunya dan memperhatikan waktu bermain anak agar anaknya mempunyai kesempatan bermain yang cukup, sehingga di masa datang anak tersebut dapat berpikir dan bersikap optimal.

Referensi:

  1. Majalah Anak Jakarta Vol II Edisi 3

http://www.kinder.de


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: